Entri Populer

Pages

Senin, 09 Mei 2011

pengaruh hand out terhadap hasil belajar

INTISARI

Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hasil belajar fisika pada peserta didik dengan hand out lebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik dengan tidak menggunakan hand out), untuk mengetahui hasil belajar fisika pada peserta didik dengan hand out lebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik dengan tidak menggunakan hand out, Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Negeri I Banjar Margo, Tulang Bawang, Lampung. Sebagai sampelnya adalah peserta didik yang memilih IPA terdiri dari 70 siswa, kelompok menggunakan hand out dan tidak menggunakan hand out. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling yaitu dari 3 kelas yang ada, penulis mengambil dua kelas sebagai sampel penelitian. Teknik analisis yang digunakan adalah statistik t ( t-tes ).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kelompok yang menggunaan hand out ada pengaruh terhadap hasil belajarnya hal itu ditunjukkan dengan hasil belajarnya lebih tinggi dibandingkan dengan tidak menggunakan hand out; Hal ini senada dengan pendapat Fitria (2006) yang menyatakan bahwa “dengan penggunaan hand out sangat membantu pada saat proses pembelajaran, serta membuat pembelajaran menjadi lebih menarik, sehingga guru sebaiknya kreatif menggunakan media dalam pembelajaran, dengan menggunakan hand out untuk menyajikan pokok bahasan yang dibutuhkan dalam penjelasan materi, waktu yang digunakan guru lebih efisien sebab pokok bahasan yang dibutuhkan telah disiapkan terlebih dahulu sebelum kegiatan pembelajaran di kelas. Dengan demikian, hal ini dapat menambah kesiapan guru dalam mengajar, (2) penggunaan hand out hasil belajarnya lebih di tinggi dari pada yang tidak menggunakan hand out.
Kata kunci: hand out, hasil belajar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar